Waspada, Ini Penyebab Kolesterol Naik pada Kaum Milenial

Waspada, Ini Penyebab Kolesterol Naik pada Kaum Milenial

Bukan rahasia lagi bahwasannya kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit muncul. Tidak hanya menyerang kepada orangtua saja yang umurnya di atas 30 tahun lebih. Tapi, kolesterol tinggi juga dapat menyerang kepada para kaum muda. Yaitu yang masih berusia 20 tahunan. Oleh karena itu Anda harus mengenali dari penyebab kolesterol naik yang dapat menjadi berbagai masalah di usia 30 tahunan. Ini dia informasinya.

1.             Makanan Cepat Saji

Kolesterol yang cepat naik pada mulanya dikarenakan dari pola makan. Tidak bisa dipungkiri bahwasannya kaum milenial saat ini lebih suka dengan hal-hal yang berbau cepat dan praktis. Termasuk dalam hal makanan sekalipun. Saat ini banyak juga makanan cepat saji yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Tak heran banyak kaum milenial yang lebih suka makan makanan jenis ini.

Terutama saat bertemu dengan teman sebaya, mengerjakan tugas kuliah atau sekolah, maupun berada di kantor. Misalnya saja seperti kentang goreng, ayam goreng, pizza, burger, minuman soda, maupun sandwich. Apabila Anda mengetahuinya lebih jauh, makanan-makanan ini lebih banyak mengandung lemak jahat, gula, rendah serat bahkan memiliki kandungan garam yang cenderung tinggi.

2.             Jarang Berolahraga

Penyebab berikutnya adalah tubuh kurang bergerak atau berolahraga. Setelah memakan makanan cepat saji dan tubuh tidak bergerak, menyebabkan lebih cepat badan mengalami kenaikan kolesterol. Akibat dari jarangnya olahraga ini juga menyebabkan berat badan tumbuh secara tidak terkendali.

Bahkan cenderung mengarah ke obesitas. Hal ini dikarenakan lemak-lemak hasil dari makanan saji cepat menumpuk. Timbunan lemak ini dengan cepat mengakibatkan gangguan dengan munculnya tanda atau gejala seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, bahkan diabetes.

3.             Gaya Hidup

Ini dia yang tidak bisa dipisahkan dari label kaum milenial. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk penyebab naiknya kolesterol dalam darah. Gaya hidup kaum milenial saat ini lebih sering mengonsumsi alkohol misalnya. Belum lagi merokok dengan berbagai macam variasinya. Entah itu yang ada rasa, entah itu yang memiliki bentuk tertentu dan lainnya.

Selain itu, memilih tempat tongkrongan pun juga mempengaruhi kesehatan. Misalnya lebih memilih ke diskotik, berlama-lama di cafe dengan meminum berliter-liter kopi, bahkan bioskop dengan segala camilannya yang mengenakkan. Padahal itu semua bisa Anda hindari demi kesehatan Anda di usia lanjut. Jangan terlalu menuruti gengsi berakibat buruk pada kesehatan.

4.             Stres

Tidak hanya faktor-faktor yang telah dijelaskan sebelumnya. Stres juga bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Di era industri 4.0 ini, kaum milenial lebih dituntut untuk lebih multitasking, melakukan segala sesuatunya harus cepat, harus sempurna.

Mengerjakan berbagai macam tipe pekerjaan saja harus berlama-lama menggunakan alat basis digital. Faktor-faktor seperti inilah yang tidak secara langsung dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apabila tidak ada kesadaran dalam diri dan pengontrolan pikiran, dapat mengakibatkan beban yang serius.

Oleh karena itu, sebagai kaum milenial yang masih rata-rata berumur 20 tahunan, Anda harus menyadari pentingnya hidup sehat. Kenali betul penyebab kolesterol naik dengan pola hidup Anda sehari-hari. Selain itu, jangan lupa memeriksakan diri kepada petugas medis meskipun hanya cek kolesterol, tekanan darah, maupun gula.

admin