Tanda Sakit Ginjal pada Tubuh yang Perlu Anda Waspadai

Tanda Sakit Ginjal pada Tubuh yang Perlu Anda WaspadaiTanda sakit ginjal bisa anda kenali dengan mudah. Fungsi ginjal dalam organ tubuh memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga apabila terjadi kerusakan, maka akan menimbulkan berbagai gejala.

Menurut Wikipedia, ginjal merupakan organ ekskresi yang memiliki fungsi untuk menyaring darah. Manusia memiliki sepasang ginjal dalam tubuhnya dan letaknya berada pada bagian kanan dan kiri tulang belakang.

Sebagai tempat penyaringan, nantinya darah akan mengalir menuju ginjal kemudian keluar melalui vena renalis. Darah akan keluar dengan bersih ketika menuju vena renalis. Sedangkan sisa kotornya akan keluar menjadi urin.

Tanda Sakit Ginjal Secara Umum

Ginjal yang sakit membuat organ tubuh lainnya kurang optimal. Kinerjanya dapat berkurang dan membuat fungsi tubuh kurang maksimal. Ketika ginjal mengalami malfungsi, maka tubuh akan merasakan sakit.

Tubuh terasa tidak nyaman bahkan punggung juga akan terasa sakit. Salah satu penyebab mengapa ginjal bisa sakit adalah kurang mengonsumsi air putih. Terlebih lagi minuman seperti kopi, minuman keras, dan bersoda lebih banyak dikonsumsi.

Hal tersebut menjadi pemicu dari rasa sakit pada ginjal. Berikut ini beberapa tanda sekaligus gejala sakit ginjal yang perlu anda waspadai.

  1. Rasa Nyeri Ketika Kencing

Tanda sakit ginjal yang pertama adalah rasa nyeri ketika buang air kecil. Rasa nyeri ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada kandung kemih.

Ketika anda menahan kencing kemudian menjadikannya sebagai kebiasaan, maka akan menjadikan rasa sakit. Kemudian penderita batu ginjal juga memiliki kristal yang membuat rasa nyeri bertambah.

Apabila gejala ini semakin parah, maka akan lebih baik berkonsultasi pada dokter. Pemeriksaan medis lebih tepat untuk mendiagnosa keadaan dan kondisi ginjal.

  1. Warna Urin Berubah

Tanda sakit ginjal yang selanjutnya adalah warna urin berubah. Hal ini juga menjadi gejala umum dari penyakit ginjal. Warna urin yang berubah juga karena faktor gula. Kandungan gula pada tubuh juga meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Urin tidak hanya berubah warna saja, tetapi juga akan terlihat seperti kristal batuan. Warnanya akan terlihat lebih keruh dan seperti kemerahan.

  1. Nyeri Pinggang

Tanda selanjutnya adalah nyeri pinggang sebelah kanan atau kiri. Adanya endapan kristal pada ginjal membuat rasa nyeri semakin bertambah. Namun tidak sedikit orang yang mengabaikan rasa sakit pada bagian pinggang.

Apabila terlalu sering terabaikan, maka akan semakin sakit. Sehingga anda perlu mendapatkan pengobatan agar tidak bertambah parah. Kemudian hindari pengonsumsian makanan yang mengandung zat pengawet.

  1. Suhu Tubuh Lebih Dingin

Tanda sakit ginjal yang selanjutnya adalah adanya perubahan suhu tubuh yang lebih dingin. Gangguan ini membuat jumlah sel darah merah menurun. Suhu tubuh yang kurang hangat tentunya menjadi tidak nyaman.

Penderita sakit ginjal akan mengalami demam karena respon imunitas tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi pengolahan sel darah merah dan peredarannya. Orang yang menderita sakit ginjal lebih rentan terkena penyakit.

  1. Tubuh Menjadi Bengkak

Tubuh yang mengalami pembengkakan merupakan ciri sakit ginjal. Bagian tubuh yang bengkak biasanya terjadi pada bagian gerak. Mulai dari tangan hingga bagian kaki.

Fungsi ginjal yang terganggu akan menimbulkan efek pada organ yang lainnya. Biasanya rasa nyeri pada bagian sekitar mata, dada, hingga bagian tubuh yang lainnya.

Tubuh yang bengkak bukan berarti menjadi gemuk. Tanda sakit ginjal diatas perlu anda ketahui. Sehingga anda bisa mewaspadai penyakit ginjal. Apabila mengalami beberapa tanda diatas lebih baik, segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

admin