Mengapa keunggulan madu hitam lebih unggul?

Mengapa keunggulan madu hitam lebih unggulMadu memiliki banyak nutrisi seperti mineral, vitamin, asam amino, gula dan antioksidan dari flavonoid dan juga fenol. Manfaat madu hitam mungkin lebih baik daripada madu berwarna karena mengandung komponen fenolik yang lebih tinggi. Semakin tinggi kandungan fenoliknya, maka semakin tinggi pula kapasitas antioksidan flavonoid pada madu jenis ini.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa madu hitam lebih unggul karena lebih stabil sehingga nutrisi yang dikandungnya tidak mudah rusak.

Senyawa berikut ini kuncinya

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu faktor yang membuat keunggulan madu hitam lebih unggul adalah kandungan asam fenolat dan flavonoidnya. Berikut penjelasan kandungan asam fenolat dan antioksidan flavonoid pada madu hitam:

Asam fenolat

Kandungan asam fenolat sendiri adalahsalah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan, dan perlu diketahui jenisnya sangat beragam. Selama ini, menurut struktur kimianya saja, setidaknya terdapat 8.000 jenis asam fenolat. Di dalam tubuh manusia, senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Menurut penelitian, manfaat senyawa fenolik dalam madu hitam memang sangat bermanfaat, seperti antikanker, antiradang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyempitan pembuluh darah karena dianggap dapat mencegah pembekuan trombosit. Efek ini dianggap membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Flavonoid

Manfaat kesehatan lain dari madu hitam terkait dengan antioksidan flavonoid yang ditemukan di dalamnya. Para peneliti tentang senyawa ini telah dilakukan secara ekstensif. Studi tersebut menunjukkan bahwa flavonoid berperan sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dalam tubuh, antikanker, serta mencegah penyakit jantung koroner, diabetes dan stroke. Senyawa tersebut juga berpotensi membantu mengobati alergi, seperti eksim atopik, asma, dan rinitis.

Tak hanya itu, flavonoid bisa melindungi sel saraf dari kerusakan. Antioksidan ini bahkan dapat membantu meregenerasi sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Flavonoid juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga menjaga fungsi otak dan kemampuan kognitif.

Terakhir, flavonoid dianggap memiliki efek yang dapat membantu jaringan tubuh memperbaiki diri setelah mengalami cedera radiasi. Namun penelitian tentang efektivitas flavonoid dalam mengatasi efek radiasi baru dilakukan pada hewan, bukan pada manusia.

Setelah mengetahui khasiat madu hitam di atas, mulai sekarang anda bisa memberikan madu hitam sebagai suplemen nutrisi untuk anggota keluarga di rumah. Konsultasikan diet dan dosis madu hitam Anda dengan ahli gizi.

Setelah ini kita akan membahas artikel balita dan anak jadi tetap di blog ini ya..

admin