Manfaat Industri Kreatif Indonesia dan Ide Bisnis DKV (Desain Komunikasi Visual) 

Manfaat Industri Kreatif Indonesia dan Ide Bisnis DKV (Desain Komunikasi Visual)

Industri kreatif Indonesia sudah mulai berkembang dengan banyaknya pelaku industri yang menekuninya. Sudah banyak jenis-jenis industri kreatif yang muncul dengan produk unik dan sudah tembus pasar lokal maupun internasional.

Konsep industri kreatif lebih mengutamakan informasi dan kemampuan pelakunya, sehingga dapat menciptakan produk maupun jasa yang unik dan khas. Industri kreatif di Indonesia diharapkan semakin maju dan berkembang untuk dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan.

Manfaat Industri Kreatif

Industri kreatif memiliki pengaruh yang sangat besar bagi Indonesia karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Membuka Lapangan Kerja

Lapangan kerja banyak yang terbentuk dari industri kreatif. Hal ini otomatis dapat memberikan pekerjaan bagi banyak orang yang menganggur ataupun orang yang baru terkena PHK. Penyerapan ini biasanya dalam jumlah yang banyak sehingga banyak orang merasa terbantu.

Selain itu, lapangan pekerjaan yang terbuka biasanya tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi dan hanya memerlukan skill saja. Hal ini membuat banyak orang yang tidak bisa mengenyam bangku kuliah tetap bisa mendapatkan pekerjaan.

2. Meningkatkan Pendapatan

Pendapatan pemilik perusahaan dan karyawan meningkat dengan adanya usaha industri kreatif. Karyawan dalam jumlah banyak yang biasanya berasal dari daerah sekitar produksi, membuat usaha industri kreatif mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan meningkatnya taraf ekonomi masyarakat, kesejahteraan mereka pun lebih meningkat dan akses pendidikan menjadi lebih mudah.

3. Potensi Daerah Meningkat

Potensi daerah bisa berupa sumber daya alam yang dimiliki dan SDM masyarakat sekitar. Penggabungan ini bisa dilakukan dengan adanya industri kreatif. Tentu saja, hal ini bisa meningkatkan potensi daerah, sehingga hasil karya produknya lebih diakui.

Dengan produk yang lebih diakui, maka potensi daerah bisa terkenal di pasar lokal dan internasional. Dengan begitu, pengembangan daerah pun semakin terbuka lebar.

Di tengah modernisasi zaman, setiap daerah sebaiknya berlomba-lomba untuk menampilkan ciri khasnya masing-masing agar bisa bersaing di perekonomian global.

Ide Bisnis Industri Kreatif Desain Komunikasi Visual

Di dunia yang serba canggih ini, industri kreatif Indonesia akan memegang peranan penting. Untuk kamu yang mempelajari ilmu Desain Komunikasi Visual, beberapa ide bisnis ini bisa kamu coba. Mereka adalah:

1. Ilustrator

Menjadi ilustrator bisa kamu coba untuk kamu yang mempunyai skill yang sudah terasah. Untuk menjadi seorang ilustrator, kamu harus bekerja sama dengan industri perfilman, periklanan, game, dan komik.

Selain industri di atas, masih banyak industri lain yang membutuhkan seorang ilustrator. Kamu bisa mengiklankan jasa kamu di berbagai media online maupun offline. Dengan jam terbang yang semakin tinggi, kamu bisa menambah relasi sekaligus menambah pengalaman kerja.

2. Komikus

Jika kamu pandai merangkai cerita, kamu bisa menggambar sekaligus membuat plot cerita dengan menjadi komikus. Saat ini, pekerjaan komikus sangat bergengsi dan banyak anak muda yang bercita-cita untuk menjajal profesi ini.

Banyak penggemar komik di seluruh Indonesia dan kesempatan untuk berkolaborasi dengan banyak seniman pun terbuka lebar. Selain itu, komik yang laris dan bagus bisa diadaptasi ke bentuk lain seperti novel ataupun film, sehingga nama kamu bisa semakin dikenal.

Untuk menjadi komikus, kamu harus memiliki daya imajinasi yang tinggi. Banyak membaca literasi bisa menambah wawasan kamu tentang cerita dan plot yang menarik. Dengan banyak berlatih, kamu bisa menjadi komikus handal yang selalu ditunggu-tunggu terbitan barunya.

3. Animator

Seorang animator memerlukan keahlian lebih dan konsistensi yang tinggi karena pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan kualitas tinggi dalam pengerjaannya. Pekerjaan animator memiliki prospek yang tinggi dengan bayaran yang menggiurkan.

Kamu harus sering menggali potensi dan menambah kemampuanmu dalam bidang animasi jika ingin menjadi animator yang sukses. Banyak orang berkaca pada skill animator Jepang karena produk animasi banyak yang dikeluarkan dari negara sakura ini.

Kamu pun bisa menambah skill kamu dengan belajar beberapa referensi animasi luar negeri, termasuk Jepang. Kamu juga bisa mengikuti forum atau grup animator untuk menambah ilmu sekaligus informasi seputar dunia animasi.

Dengan menggabungkan pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki, pekerjaan yang kamu inginkan pasti terwujud. Selalu percaya diri dan jangan patah semangat dalam menjalani profesi di industri kreatif Indonesia karena peluang selalu terbuka lebar.

admin