Kenali 5 Perbedaan Mesin Kopi Manual dan Mesin Kopi Espresso

Kenali 5 Perbedaan Mesin Kopi Manual dan Mesin Kopi Espresso

Sebagian Anda pasti menyukai minuman kopi sebagai ritual pagi yang tidak bisa untuk dipisahkan. Oleh karena itu, bisa dihitung bahkan setiap hari Anda akan pergi ke cafe untuk menikmati minuman kopi. Tapi saat kini Anda berinvestasi mesin kopi sendiri. Anda bisa milih mesin kopi manual ataupun mesin kopi espresso. Ini dia perbedaannya.

1. Tenaga

Hal mendasar yang paling umum untuk bisa membedakan antara mesin manual dan mesin espresso adalah tenaga. Pada umumnya, mesin manual lebih banyak membutuhkan tenaga manusia untuk menghasilkan minuman kopi yang enak dan berkualitas. Terutama bagi Anda coffee perfectionist. Sedangkan mesin espresso pada umumnya cenderung menggunakan tenaga elektrik atau bantuan dari listrik.

2. Peralatan

Pada mesin manual, Anda lebih membutuhkan banyak peralatan yang terpisah. Sedangkan pada mesin espresso, tidak begitu banyak layaknya pada mesin manual. Pada mesin manual, ada beberapa proses yang dapat dilakukan oleh tiap-tiap peralatan.

Misalnya saja untuk menggiling biji kopi agar menjadi bubuk kopi, Anda membutuhkan grinder kopi. Grinder kopi pun terbagi menjadi 2 varian. Apakah Anda memilih yang dilakukan dengan tenaga manusia atau memilih grinder dengan bantuan listrik. Selain itu juga, ada juga proses untuk menuangkan air panas dalam kopi. Anda memerlukan cerek yang bagus dan berkualitas.

3. Cara Menyeduh

Pada saat Anda ingin menyeduh dengan menggunakan mesin manual, Anda memerlukan air dengan kondisi panas sesuka Anda dan metode yang bervariasi. Misalnya saja Anda harus mengerti metode dari proses aeropress dan pour over yang bervariasi. Dengan begitu, hasil kopi yang diekstrak akan menghasilkan kopi sempurna. Serbuk kopi yang digunakan pun bisa yang tidak terlalu halus dari hasil grinder.

Sedangkan  mesin espresso adalah mesin yang jauh berbeda dari mesin manual. Pada mesin espresso menggunakan air panas bertekanan tinggi atau high pressure. Selain itu sebelum menggunakan mesin ini, level gilingan kopi juga harus halus. Hal ini dikarenakan ekstraksi tidak akan berjalan dengan sempurna apabila bubuk kopi yang digunakan belum benar benar halus.

4. Krema

Perbedaan berikutnya adalah terletak pada krema. Krema ada dikarenakan adanya tekanan air yang tinggi dan bercampur dengan kopi. Pada mesin espresso lebih banyak menghasilkan krema jika dibandingkan dengan mesin manual. Hal ini disebabkan tekanan air yang ada pada mesin. Tentu saja hal ini juga bergantung pada jenis kopi yang dipakai. Jika kopi yang dipakai lebih segar, maka tentu akan menghasilkan krema yang lebih banyak.

5. Kafein

Perbedaan lainnya dalam menggunakan mesin adalah pada kafein. Pada saat Anda menggunakan mesin manual, kafein yang Anda rasakan tidak terlalu pahit. Beda halnya dengan Anda yang menggunakan mesin espresso. Kafein yang dihasilkan cenderung terasa lebih pahit. Namun, itu semua tergantung Anda menginginkan seberapa banyak kafein yang ingin dikonsumsi.

Pada umumnya, semua proses yang dilakukan pada mesin espresso terbilang lebih singkat dan dapat lebih cepat jika dibandingkan Anda menggunakan mesin manual. Terutama pada proses penyeduhan kopi. Tinggal Anda ingin memilih proses yang lebih cepat atau memilih yang mengedepankan penggunaan mesin kopi manual.

admin