Berdasarkan Kandungannya, Sebaiknya Susu Milo untuk Usia Berapa?

Berdasarkan Kandungannya, Sebaiknya Susu Milo untuk Usia Berapa?

Milo merupakan sebuah merek minuman dengan rasa coklat dan malt. Milo mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1974 silam. Pada awalnya Milo hanya diproduksi dalam bentuk bubuk, seiring perjalanannya kini milo tersedia dalam bentuk cair atau dikenal dengan minuman ready to drink. Yuk, cari tahu berdasarkan kandungannya, sebaiknya susu milo untuk usia berapa?

Kandungan dalam Milo

Kandungan utama dalam produk minuman milo adalah protomalt yang merupakan ekstrak malt dari barley. Malt sendiri merupakan sebuah nutrisi berupa karbohidrat kompleks yang memberikan manfaat sebagai sumber energi yang mampu bertahan lama untuk mendukung aktivitas fisik, mental dan juga daya konsentrasi.

Beberapa jenis vitamin juga terkandung dalam minuman ini, di antaranya vitamin B2, B3, dan B6 yang penting dan diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, terkandung vitamin B12 yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, DNA, RNA, dan serabut saraf.

Adapun kandungan vitamin C dalam minuman Milo yang mampu membantu menguatkan dinding pembuluh darah, mempercepat proses penyembuhan luka, sekaligus membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah vitamin D. Minuman Milo mengandung vitamin D yang berperan untuk membantu proses penyerapan kalsium, serta mampu membantu membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Selain protomalt dan vitamin, minuman Milo juga kaya akan kalsium, dan fosfor yang termasuk mineral kedua terbanyak dalam tubuh yang bekerja sama dengan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor juga berperan dalam penyimpanan dan pengeluaran energi vitamin B kompleks dan enzim.

Nutrisi terakhir yang terkandung dalam minuman Milo adalah zat besi. Secara umum zat besi mampu membantu mengurangi risiko sering letih, lesu, kurang konsentrasi dan kondisi menurunnya daya tahan tubuh.

Milo untuk Usia Berapa?

Bagi Anda yang selama ini masih bertanya-tanya, produk susu Milo cocok dikonsumsi untuk umur berapa tahun? Pihak Milo Indonesia telah memaparkan secara resmi bahwa susu Milo dapat dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia 1 tahun ke atas dengan catatan berdasarkan kecocokan dan tanpa indikasi medis.

Dapat dilihat dari beraneka kandungan nutrisi di dalamnya, minuman Milo ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan klaim dari pihak Milo, bahwa Milo diklaim mampu memberikan segudang manfaat untuk kesehatan anak dengan usia diatas 1 tahun.

Bermanfaat sebagai sumber energi minuman Milo lebih direkomendasikan untuk anak usia sekolah kisaran 5-12 tahun. Secara umum pada usia tersebut anak membutuhkan energi yang lebih banyak untuk melakukan aktivitasnya. Selain dikonsumsi untuk kalangan anak-anak Milo dapat dikonsumsi oleh orang dewasa termasuk ibu hamil tanpa indikasi medis.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai aturan konsumsi susu Milo untuk usia berapa. Untuk anak berusia 1 tahun ke atas disarankan untuk mengonsumsi Milo 1-2 gelas saja sehari. Perlu Anda ketahui kelebihan asupan susu pada anak justru berpotensi menimbulkan dampak rendahnya nafsu makan si kecil.

admin