Begini Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu Dirangkum Setiap Trimester

Begini Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu Dirangkum Setiap Trimester

Salah satu momen berharga dalam hidup wanita adalah merasakan kehamilan. Terdapat banyak momen penting ketika hamil, Anda pasti akan dibuat penasaran dengan perubahan fisik maupun hormon yang akan Anda rasakan nantinya. Selain itu, memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu juga pasti menjadi hal yang membahagiakan bagi Anda sebagai calon ibu.

Rupanya perkembangan janin yang ada dalam kandungan Anda berlangsung sangat cepat. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin Anda dari minggu ke minggu pada artikel di bawah ini.

Trimester Pertama

Pada minggu pertama calon janin terbentuk di rahim. Sel sperma dan sel telur bertemu, lalu membentuk jaringan yang terdiri dari 100 sel yang akan menjadi cikal bakal janin Anda. Setelah membelah lalu memperbanyak sel, embrio atau calon janin Anda akan menempel di rahim.

Pada minggu ke-3 sel telur sudah mulai berkembang. Pada akhir minggu ke-4 tabung janin sudah terbentuk. Pada minggu ke-6 kaki janin mulai tumbuh, meskipun masih rata tanpa jari-jari. Bibir atas dan langit-langit mulut sudah terbentuk, sedangkan sistem pencernaan baru mulai terbentuk. Kepala janin juga sudah mulai terlihat.

Pada minggu ke-8 hingga kesepuluh janin berhasil melalui masa kritis dari perkembangan organ serta struktur tubuhnya. Pada minggu ke-11 hingga ke-13, jari-jarinya telah bisa mengepal, ginjalnya mengeluarkan urine serta otak berkembang pesat.

Trimester Kedua

Perkembangan janin dari minggu ke minggu selanjutnya memasuki trimester kedua. Pada minggu ke-14 dan ke-15, indra perasa janin terbentuk. Alat kelaminnya sudah berkembang dengan baik pada minggu ke-16. Pada minggu ke-19, si Kecil sudah dapat mendengar suara Anda.

Pada minggu ke-22 bayi sudah terlihat seperti manusia kecil. Pada minggu ke-26 bayi dapat menghirup serta menularkan air ketuban atau cairan plasenta. Pada minggu ke-27 si Kecil mulai dapat menutup dan membuka mata, cegukan, serta menghisap jari-jarinya.

Trimester Ketiga

Memasuki trimester ketiga, kepala bayi terus tumbuh mengikuti perkembangan sel saraf di otaknya. Bayi sudah memiliki bulu mata, rambut, kuku, dan mulai berkedip.

Pada minggu ke-31, bayi akan menendang dan terasa lebih kuat. Pada minggu ke-34, paru-paru dan sistem saraf pusatnya semakin matang. Memasuki minggu ke-36, bayi akan semakin turun ke area panggul Anda karena persalinan telah dekat.

Bagaimana Jika Kehamilan Telah Mencapai Usia 42 Minggu?

Tak perlu merasa khawatir jika Anda melewati prediksi tanggal persalinan, karena hal ini umum terjadi pada ibu hamil. Namun jika usia kehamilan Anda telah mencapai 42 minggu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait prosedur persalinan yang sesuai dengan kondisi kehamilan serta aman bagi Anda.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu memang luar biasa cepat, tak terasa akhirnya Anda telah menggendong buah hati dengan sehat dan selamat. Karena itulah jangan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika terjadi keluhan pada masa kehamilan Anda.

admin