8 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Aktif

8 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Aktif

Pola makan yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan plus daya tahan tubuh, terutama anak-anak yang masih rentan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan si kecil mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap. Berikut ini terdapat 8 jenis nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak agar tetap sehat dan aktif bergerak di masa tumbuh kembangnya.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah sumber nutrisi utama yang sangat diperlukan dalam pembentukan sistem imun. Peran pentingnya mampu menguatkan dan menstabilkan sistem imun. Kini, sudah banyak produk suplemen vitamin C. Meski demikian, lebih tepat mengonsumsi vitamin C dari sumber makanannya langsung yaitu buah-buahan seperti jeruk, apel, stroberi, kiwi, lemon, dan pepaya.

  1. Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin D sangat diperlukan dalam penguatan sistem imun, pertumbuhan, dan proteksi dari berbagai bibit penyakit. Vitamin D juga mampu menciptakan daya tahan terhadap alergi. Sumber vitamin D yang baik adalah telur dan minyak ikan. Anda juga bisa mengajak si kecil berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari antara jam setengah 8 sampai jam setengah 10.

  1. Zat Besi

Zat besi adalah jenis nutrisi yang baik bagi penguatan imunitas tubuh. Usahakan anak mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya. Buatkanlah menu yang menarik dan lezat agar ia selera makan. variasikan menunya agar ia tidak bosan. Itu semua demi membentuk daya tahan tubuh kuat dan stabil karena anak membutuhkan zat besi 5 kali lebih banyak dari orang dewasa.

  1. Zinc

Mineral yang satu ini dapat menguatkan daya tahan tubuh. Zinc berfungsi penting untuk memperbaiki sel dan membentuk enzim untuk membentuk daya tahan tubuh. Pertumbuhan anak juga akan optimal dengan pemenuhan asupan zinc ini. Untuk itu, pastikan anak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zinc yaitu roti, daging, dan produk olahan susu.

  1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 ini juga berperan penting dalam penguatan sistem imun. Minyak ikan adalah sumber omega-3 yang utama karena mengandung 75% asam lemak tidak jenuh dan 25% asam lemak jenuh. Ikan salmon dan tuna juga dapat dikonsumsi si kecil karena termasuk sumber omega-3 yang optimal. Omega-3 ini juga berfungsi mengoptimalkan pembentukan sel-sel otak.

  1. Flavonoid

Flavonoid adalah suatu jenis pigmen yang banyak terdapat pada kedelai. Secara ilmiah, flavonoid ini terbukti dapat mencegah serta mengobati beragam penyakit. Imunitas tubuh anak jadi semakin kuat dan stabil jika mendapatkan asupan flavonoid. Anda bisa mengolah bahan makanan dari kedelai yaitu tempe dan tahu menjadi menu lezat dan menarik yang dikonsumsi si kecil.

  1. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang hidupnya di usus besar dan berguna menguatkan sistem imun di saluran pencernaan. Hal ini terkait dengan fakta bahwa sebagian besar bakteri baik ada di saluran pencernaan. Kesehatan pencernaan akan menjamin kekuatan sistem imun. Aneka olahan susu bisa menjadi asupan untuk memenuhi kebutuhan probiotik, misalnya yoghurt.

  1. Prebiotik Inulin

Inulin termasuk salah satu jenis prebiotik inulin yaitu berupa serat karbohidrat yang ada pada buah dan sayur. Apel, pisang, dan bawang adalah beberapa sumber inulin yang optimal. Terpenuhinya kebutuhan inulin akan menguatkan sistem imun. Perannya adalah meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus dan membantu penyerapan nutrisi di dalam saluran pencernaan agar selalu sehat.

Berbagai nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak di atas harus dipenuhi. Anda bisa membuat menu dari bahan makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Usahakan agar anak juga suka agar tetap mau makan. Berilah contoh si kecil untuk makan teratur dengan makanan sehat demi keoptimalan tumbuh kembangnya. Buatlah suasana makan yang menyenangkan.

admin